Rabu, 20 Maret 2019

KERAJINAN TEMPURUNG KELAPA

Indonesia, negara tropis dengan puluhan ribu pulaunya mempunyai potensi sumber daya yang besar, salah satu potensi sumber daya tersebut ialah pohon kelapa. Indonesia memiliki hamparan perkebunan Kelapa terluas di dunia, bersaing dengan negara tetangga Philipina.
Namun sangat disayangkan, meskipun sumber daya yang melimpah, dari sisi perolehan devisa Indonesia masih kalah jauh dari Philipina maupun negara negara lain. Hal ini tidak jauh dari masalah utama yakni belum maksimalnya pengolahan sumber daya alam ini.
Bahkan beberapa negara mengambil bahan Kelapa mentah dari Indonesia untuk diolah menjadi produk lanjut dengan value added yang tinggi, untuk diekspor kembali termasuk ke Indonesia. Karena alasan nilai ekonomi yang rendah, sebagian besar tanaman kelapa di Indonesia tidak mendapatkan perhatian yang memadai, baik dari masyarakat maupun pemerintah.
 Sebenarnya jika ada perhatian lebih dari masyarakat maupun pemerintah dalam memaksimalkan pengolahan tanaman kelapa, tidak mungkin berbagai produk dari tanaman kelapa akan memiliki harga jual yang tinggi, baik di pasar dalam negeri maupun pasar luar negeri. Salah satu cara mengolah batok kelapa ialah manjadikannya sebuah kerajinan tangan.
Ditangan para perajin, batok kelapa bisa disulap menjadi berbagai produk kerajinan tangan yang unik dan menarik, namun jangan khawatir apabila anda ingin mencoba membuatnya sendiri dirumah, berikut akan kami beri beberapa cara membuat kerajinan tangan dari bahan batok kelapa yang pastinya tidak kalah unik dan menarik dan tentunya juga mudah.
 Cara Membuat Kerajinan Dari Batok Kelapa
Asbak Dari Batok Kelapa
Kerajinan dari batok kelapa yang satu ini mungkin akan memiliki nilai jual tinggi, sebab jumlah perokok di Indonesia begitulah banyak. Para perokok membutuhkan asbak untuk membuang sisa rokok mereka. Asbak yang sering kita lihat kebanyakan adalah asbak yang terbuat dari keramik, marmer dan bahan lainnya yang sudah sering kita jumpai.
Karena bahan batok kelapa ini merupakan bahan yang jarang dipakai untuk hal seperti ini, tentunya akan menimbulkan daya tarik sendiri terlebih apabila dalam pembuatannya diberikan inovasi-inovasi yang kreatif.
Alat dan bahan:
  • 1 buah batok kelapa tua
  • Gergaji
  • Lem kayu
  • Amplas
  • Pernis
Cara pembuatan:
  1. Siapkan batok kelapa dan amplas bagian permukaan nya.
  2. Potong batok kelapa 1/3 dari batok yang utuh.
  3. Setelah itu buat semacam mangkok kecil sebagai tumpuan atau alas untuk asbak yang diletakkan dibawahnya, dengan menggunakan sisa potongan tadi, pasang menggunakan lem.
  4. Kemudian tambahkan ornamen seperti halnya ekor maupun kepala dan haluskan kembali menggunakan amplas untuk hasil yang terbaik.
  5. Proses terakhir pernis seluruh bagian asbak.

Sumber : http://tokomesinkelapa.com/cara-membuat-kerajinan-dari-batok-kelapa/

1 komentar:

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus