Rabu, 17 Juli 2019

Prinsip Kelistrikan Dan Sistem Instalasi Listrik

JENIS DAN MANFAAT



Arus listrik adalah mengalirnya elektron secara kontinyu pada konduktor akibat perbedaan jumlah elektron pada beberapa lokasi yang jumlah elektronnya tidak sama.

Arus listrik dibagi menjadi 2 jenis yaitu:
1. Listrik Arus Searah atau DC (Direct Current) adalah arus listrik yang arahnya tetap.
2. Listrik Arus Bolak-balik atau AC (Alternating Current) adalah arus yang besar dan arahnya selalu berubah-ubah.


Tentu dengan adanya sumber listrik maka penerangan akan didapatkan. Penerangan seperti lampu tentu membutuhkan sumber arus listrik sehingga penerangan atau lampu dapat menyala. Dengan adanya penerangan atau lampu dalam melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari akan lebih mudah hampir sama dengan manfaat matahari.

Selain berfungsi sebagai penerangan, fungsi lain dari arus listrik adalah sumber energi. Karena dengan adanya listrik seluruh energi dapat dibangkitkan oleh karena itu listrik sangat penting bagi kehidupan sehari-hari apalagi untuk menunjang aktivitas manusia.

Pada teknik elektro, listrik digunakan untuk tenaga listrik yang digunakan untuk menghidupkan peralatan elektronik yang berhubungan dengan sirkuit listrik yang melibatkan komponen listrik aktif seperti tabung vakum, transistor, dioda, dan sirkuit terintegrasi.

Pembangkit listrik adalah suatu alat yang dapat membangkitkan dan memproduksi tegangan listrik dengan cara mengubah suatu energi tertentu menjadi energi listrik. Beberapa contoh jenis pembangkit tenaga listrik yaitu:

  • PLTA(Pembangkit Listrik Tenaga Air)
  • PLTU(Pembangkit Listrik Tenaga Uap)
  • PLTN(Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir)
  • PLTB(Pembangkit Listrik Tenaga Batubara)
  • Plts(Pembangkit Listrik Tenaga Surya)
  • Pembangkit Listrik Tenaga Angin


Sumber: Buku Prakarya Kelas 9 semester 1 revisi 2017


6 komentar: