Rabu, 27 Maret 2019

KERAJINAN KACA

Untuk kamu yang suka membuat macam-macam barang kerajinan, kaca adalah salah satu bahan yang bisa dikreasikan menjadi hiasan-hiasan cantik. Di artikel ini kita akan belajar beberapa cara membuat hiasan dari kaca. Ada banyak kreasi kaca bekas yang mudah dibuat, asalkan kamu tahu cara membuat kerajinan tangan dari pecahan kaca. Salah satunya yang akan dijelaskan di sini adalah cara membuat lampu hias dari botol kaca dan kaca jendela bergambar. Ada juga kerincingan atau lonceng angin yang bisa kamu buat dengan cara membuat kerajinan limbah kaca. Ada banyak sekali kerajinan yang bisa dibuat dari kaca, baik itu yang sederhana hingga yang rumit.
Mungkin tidak semuanya bisa langsung kamu coba, tentunya bergantung pada kemampuanmu dalam membuat kerajinan tangan juga. Tapi sebagian besar cara membuat hiasan kaca di halaman ini cukup mudah kok.
Lampu Hias dari Toples Kaca
Cara membuat hiasan dari kaca yang satu ini sangat mudah. Pertama-tama kamu hanya perlu menyiapkan toples kaca yang agak tinggi (jangan yang ceper seperti toples kue), kawat, tali rami, gelas kaca trasparan ukuran tanggung, dan manik-manik kaca warna. Kamu bisa menggunakan warna apapun yang kamu suka. Ukuran manik-manik pun bisa kamu sesuaikan dengan seleramu.

Cara Membuat Lampu Hias dari Kaca


Kalau semua bahan sudah siap, mulailah dengan memasukkan gelas kaca ke dalam toples. Letakkan gelasnya di tengah-tengah, lalu gunakan manik-manik kaca warna untuk mengisi ruang antara gelas dan toples. Posisikan manik-manik sampai menutupi gelas.


Cara Membuat Lampu Tidur dari Botol Kaca


Sampai di sini, toples kurang lebih akan tersusun seperti gambar di atas. Kamu tinggal melilitkan kawat untuk mengelilingi bagian leher toples dan membuat cantolannya. Terakhir, gunakan tali rami untuk menutupi kawat di bagian leher toples kaca.
Jika ingin menggunakannya, kamu hanya perlu menaruh lilin di dalamnya saat malam hari dan lampu romantis dari toples kaca pun sudah jadi. Kamu bisa memajang kerajinan kaca ini  di ruang keluarga, teras, ataupun balkon dekat taman rumahmu.
 Lonceng Angin dari Potongan Kaca

Kreasi Kaca Bekas

Kamu pasti pernah melihat hiasan di dekat jendela yang berbunyi atau bergerak-gerak ketika ada angin? Hiasan itu disebut lonceng angin atau genta angin ataupun windchime. Nah lonceng angin tersebut bisa lho kita buat sendiri dari potongan-potongan kaca.


Cara Membuat Kerajinan Limbah Kaca

Untuk membuat lonceng angin ini, bahan yang harus kamu siapkan adalah 2 buah ram ring (lingkaran untuk kerajinan menyulam) yang ukurannya berbeda, cat, benang tebal, dan potongan kaca berwarna-warni. Kamu bisa mengganti potongan kaca dengan manik-manik kaca jika sulit mencarinya. Warnanya terserah keinginanmu.


Cara Membuat Hiasan Jendela Sekolah

Ikatlah ram ring tadi satu sama lain, dengan lingkaran yang kecil berada di dalam seperti gambar di atas. Pastikan tali terpasang dengan kencang/tegang supaya lingkaran yang berada di dalam terikat kencang.
Setelah ram ring saling terikat, buatlah tali yang menjuntai ke bawah pada masing-masing lingkaran. Tali ini akan berfungsi untuk mengikat hiasan lonceng angin ini.


Cara Membuat Lampu Meja dari Botol Kaca


Ikatlah potongan kaca atau manik kaca yang sudah kamu siapkan. Kamu bisa mengikatnya seperti di gambar, ataupun diikat dengan lebih kuat lagi supaya tidak copot. Gunakan ukuran dan warna yang beragam supaya kerajinan kaca milikmu lebih menarik.


Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Pecahan Kaca


Lonceng angin akan terlihat seperti di gambar kalau sudah jadi. Kamu tinggal menggantungnya di jendela kamarmu.


0 komentar:

Posting Komentar