Rabu, 24 Juli 2019

Instalasi Listrik Rumah Tangga

Komponen Instalasi Listrik
A. Bargainser
Merupakan alat yang berfungsi sebagai pembatas daya listrik yang masuk ke rumah tinggal dan sebagai pengukur jumlah daya listrik yang digunakan di rumah tinggal tersebut.
B. Pengaman listrik 
Instalasi listrik rumah tinggal pun membutuhkan pengaman yang berfungsi untuk memutuskan rangkaian listrik apabila terjadi gangguan pada instalasi listrik rumah tinggal.
C. Sakelar 
Sakelar atau switch merupakan komponen instalasi listrik yang berfungsi untuk menyambung atau memutuskan aliran listrik pada suatu penghantar.
D. Stop kontak 
Stop kontak atau biasa disebut outlet merupakan komponen listrik yang berfungsi sebagai muara hubungan antara alat listrik dengan aliran listrik.
E. Steker
Steker atau staker atau yang sering disebut colokan listrik, karena memang berupa 2 buah colokan berbahan logam dan merupakan alat listrik yang berfungsi untuk menghubungkan alat listrik dengan aliran listrik, ditancapkan pada kanal stop kontak sehingga alat listrik tersebut dapat digunakan.
F. Kabel 
Kabel listrik merupakan komponen listrik yang berfungsi untuk menghantarkan energi listrik ke sumber-sumber beban listrik atau alat-alat listrik.

Peralatan yang biasa digunakan untuk instalasi listrik adalah:
A. Test pen 
B. Solder
C. Penggaris siku
D. Pahat
E. Ketam


Sumber: buku paket Prakarya kelas 9 semester 1 revisi 2017

0 komentar:

Posting Komentar